Membuat puding memang mudah, namun untuk menghasilkan puding yang lezat dengan tampilan menarik, tentu membutuhkan kejelian dalam memilih aneka bahan untuk puding juga keterampilan dan ketelatenan dalam pembuatannya. Untuk itu ada baiknya kita simak dulu informasi singkat tentang macam-macam bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan puding.

Inilah aneka bahan untuk puding yang perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :

1. Bubuk Jelly dan Agar-agar.

Bahan utama pembuatan puding salah satunya adalah bubuk jelly dan agar-agar, bedanya agar-agar terbuat dari sari rumput laut, sedangkan bubuk jelly terbuat dari campuran rumput laut dengan bubuk konyaku ( berasal dari tanaman konyaku potato ). Hasil olahan jelly bubuk cenderung lebih bening dan kenyal, sedangkan agar-agar bubuk menghasilkan puding yang lebih padat.

2. Whipped Cream.

Whipped Cream adalah produk olahan susu dengan kadar lemak tinggi, dijual dengan bentuk cair dalam kemasan dan ada pula dalam bentuk bubuk. Untuk menghasilkan krim yang mengembang, kocok whipped cream menggunakan mixer hingga mengembang dan kaku. Khusus untuk whipped cream bubuk sebelum dikocok harus ditambahkan air es terlebih dulu, untuk komposisi air esnya mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan.

3. Susu Cair.

Beberapa resep puding menyertakan susu cair di dalamnya, jika ingin praktis dan puding tidak mudah basi, gunakan susu cair siap minum yang banyak dijual dalam kemasan. Bisa juga memakai susu cair murni hasil perahan sapi, namun jangan lupa merebusnya lebih dulu sebelum digunakan.

4. Susu Kental Manis.

Merupakan jenis susu yang diproses dengan cara kondensasi / pendinginan, tujuannya untuk mengurangi 50% kadar air yang ada didalamnya. Tersedia dalam dua pilihan yaitu susu kental manis putih dan susu kental manis cokelat, dijual dalam kemasan kaleng atau tube.

5. Yoghurt.

Yoghurt merupakan salah satu produk susu fermentasi dengan rasa asam dan manis. Saat ini yoghurt dijual dengan pilihan tawar/ plain, manis, serta ditambahkan esen rasa buah seperti stroberi, jeruk dan anggur.

6. Santan.

santan adalah hasil perasan dari daging buah kelapa, untuk menghasilkan puding yang gurih dan harum, rebus santan dengan sedikit garam dan daun pandan sebelum digunakan, jika tak ingin repot anda bisa memanfaatkan santan instan yang dijual dalam bentuk cair maupun bubuk.

7. Telur.

Jika dalam resep puding membutuhkan telur, gunakan telur ayam kampung. Pada resep puding busa sering diperlukan putih telurnya saja, karena itu pisahkan putih telur dari kuningnyam setelah itu kocok putih telur hingga mengembang, berwarna putih dan kaku. Ciri-ciri putih telur kocok yang telah kaku adalah jika wadah berisi putih telur kocok tersebut dibalik, maka putih telor tidak bergeser atau jatuh.

8. Gula Merah.

Jenis gula yang terbuat dari air kelapa maupun aren, anda bisa menggunakan keduanya namun yang perlu diingat pilihlah gula merah yang berwarna kuning kecokelan, bukan cokelat kehitaman karena hal ini akan mempengaruhi kecerahan warna dari puding.

9. Gula Putih.

Semua resep puding memakai gula pasir dalam adonannya, karena gula pasir diperlukan untuk memberi rasa manis, pilihlah gula pasir berwarna putih bersih agar puding yang dihasilkan berwarna cerah.

10. Margarin.

Jika dalam resep dibutuhkan margarin, sebaiknya pilihlah margarin dengan kwalitas baik, agar puding yang dihasilkan lezat dan gurih rasanya serta beraroma harum. Margarin yang kurang baik akan meninggalkan aroma tengik pada adonan puding.

11. Bahan Tambahan Lainnya.

Disamping bahan utama, beberapa resep puding juga membutuhkan bahan-bahan lain misalnya : kopi bubuk instan, bubuk teh hijau, jus buah siap pakai, selasih, poppy seed, ese, dan pewarna, sebaiknya pilih pewarna cair karena lebih mudah digunakan.

12. Loyang dan Cetakan Puding.

Saat ini pilihan loyang dan alat cetakan puding sangat beragam bentuk dan ukurannya, adapun bahannya ada yang terbuat dari bahan aluminium, plastik, dan ada juga yang terbuat dari plastik mika serta latex, karena itu kita mebas memilih sesuai dengan kebutuhan.

Demikian sajian kami tentang aneka bahan untuk puding beserta beberapa alat seperti loyang dan cetakan yang perlu dipersiapkan dulu sebelum memulai pembuatan puding, semoga informasi ini bermanfaat.

Aneka Bahan Untuk Puding
Ditag pada: