Tip antigagal membuat puding – Puding merupakan hidangan penutup yang banyak disukai, terutama puding dengan bahan utama agar-agar atau jelly. Selain lezat, pembuatan puding tergolong gampang. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya kita simak beberapa informasi tahapan tahapan dibawah ini !

Tip Antigagal Membuat Puding dirumah

A. Loyang Puding basahi terlebih dahulu bagian dalam loyang sebelum adonan dituangkan untuk dibekukan, ini akan memudahkan kita saat mengeluarkan puding dari loyang.

B. Gula Pasir pilihlah gula yang berwarna putih cerah supaya adonan agar-agar tidak keruh, gula pasir yang berwarna kekuningan atau kecokelatan akan menghasilkan agar-agar yang agak keruh.

C. Cara merebus agar-agar, campurkan agar-agar bubuk,air dingin dan gula pasir lalu masak secara bersamaan, jika mencampur agar-agar bubuk saat air sudah panas akan mengakibatkan adonan puding menggumpal.

D. Rebuslah adonan agar-agar yang dibubuhi susu atau santan dengan api sedang sambil diaduk-aduk, merebus dengan api besar akan membuat santan atau susu menjadi pecah.

E. Perhatikan Penggunaan cairan pada agar-agar. Yang dimaksut cairan adalah segala bahan cair termasuk air, santan, susu, dan jus buah.

F. Komposisi air untuk sebungkus agar-agar.Satu bungkus agar-agar 7 gram membutuhkan cairan 800 ml, sedangkan     satu bungkus jelly bubuk 15 gram membutuhkan cairan 700 ml. Hal ini penting diperhatikan karena terlalu banyak cairan akan mengakibatkan puding menjadi lembek, sebaliknya bila kurang takaran cairannya akibatnya puding menjadi terlalu keras.

G. Jus buah ketika membuat puding dengan campuran jus buah, maka masukkan jus buah saat agar-agar telah mendidih, kalau jus buah dimasak bersamaan agar-agar, akibatnya puding tidak bisa mengeras.

H. Kuning telur bila didalam resep puding ada campuran kuning telur, jangan sekali-kali memasaknya langsung bersamaan agar-agar karena kuning telur akan matang dan meninggalkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit adonan agar-agar panas sambil diaduk rata, baru kemudian tuangkan kedalam agar-agar mendidih sambil diaduk sampai rata.

I. Mengocok putih telur. Mula mula kocok putih telur dengan kecepatan rendah, setelah itu naikkan kecepatan mixer hingga tertinggi, putih telur dianggap cukup kaku apabila wadah berisi putih telur tersebut terbalik, putih telur tidak tumpah. selain itu perhatikan saat memisahkan kuning telur dari putihnya, jangan sampai ada bagian kuning telur yang tercampur pada putihnya, hal ini akan mengakibatkan putih telur tidak dapat mengembang kaku.

J, Mencampur whipped cream kocok dengan agar-agar. Hilangkan dahulu uap panas dari agar-agar, tuangkan sedikit demi sedikit  ke dalam whipped cream / putih telur kocok sambil diaduk rata, cara ini juga berlaku dalam mencampurkan putih telur kocok dengan agar-agar.

Mencampur agar-agar yang masih panas dengan whipped cream / putih telur kocok hanya akan menghasilkan adonan yang tidak tercampur sempurna, sehingga saat puding mengeras akan timbul dua lapisan yaitu lapisan bening dan lapisan agak keruh.

K. Membuat puding lapis.

Tuang lapisan ke dua saat lapisan pertama belum keras, ciri cirinya adalah timbul lapisan pada permukaan puding. Bisa juga dengan cara menggoyangkan loyang puding, ketika loyang digoyang, puding masih lentur bergerak namun bagian permukaannya sudah mulai menegras.

L. Membuat lapisan satu dengan lainnya melekat sempurna pada puding lapis, caranya buat guratan guratan tipis dan acak menggunakan pisau di atas permukaan lapisan pertama, setelah itu baru tuangkan lapisan ke dua. Cara ini juga berlaku bila puding terdiri beberapa lapis.

M. Bila agar-agar terlanjur mengeras sebelum digunakan bisa dicairkan kembali, caranya dengan ditim direbus kembali dengan ditambahi sedikit airmm matang sambil diaduk aduk maka akan mencair kembali.

Demikian informasi dari kami tentang beberapa upaya agar bisa membuat puding dengan hasil yang sesuai dengan harapan, semoga ulasan tentang tip antigagal membuat puding ini bisa memberikan manfaat bagio anda, salam…

Tip Antigagal Membuat Puding
Ditag pada: